7 Film Bertema Penerbangan

47

Kali ini gue akan sedikit ngerivew beberapa film bertema aviasi yang pernah gue tonton. Dan menurut gue itu adalah yang paling baik dari baik jalan cderita maupun action tiap adegannya. Sebenernya cukup banyak film bertema penerbangan, namun di sini gue rangkum film yang pernah gu tonton aja. berikut:

1. Non Stop 

maxresdefault

Film action Hollywood berjudul “Non-Stop” yang baru diputar akhir tahun ini  menceritakan tentang sebuah penerbangan antar atlantik yang berangkat dari kota New York, Amerika Serikat menuju ke kota London, Inggris. Gue tebak bandaranya LAX menuju LGW, (sok tahu). Marshal Udara Amerika Bill Marks dibintangi oleh Liam Neeson menerima pesan pendek berantai yang berisi adanya ancaman membunuh penumpang pesawat setiap 20 menit jika dia tidak memenuhi permintaan transfer dana sebesar $150 juta ke sebuah nomor rekening tak dikenal. Heran gue dia bisa nerima pesan saat terbang, pasti gak nurutin instruksi mugari deh. Lalu, meskipun Bill telah menjelaskan situasi ini kepada pilot, namun sang pilot tidak mempercayainya hingga seorang penumpang ditemukan tewas secara misterius. Penonton semaki dibuat bingung  ketika nomor rekening penerima uang tersebut menggunakan namanya, Bill merasa dijebak dan bahkan menjadi tersangka pelaku pembajakan pesawat. Kejadian in pun menjadi berita utama media dan pasukan udara pun diturunkan. Bill pun harus berjuang untuk menyelamatkan diri dan seluruh penumpang yang berada di dalam pesawat.

Adegan demi adegan gue  ikutin dan sempat ikut terbawa cerita dengan menduga bahwa Bill adalah pelaku pembajak sesungguhnya. Ceritanya sangat menarik dan akhir cerita gak bisa di ketahui sampai film mendekati menit akhir.

2. The Terminal

425

The Terminal adalah sebuah film yang menceritakan tentang seorang pria yang harus terjebak di dalam sebuah bandara internasional John F. Kennedy dalam jangka waktu yang cukup lama. Di dalam film ini, diceritakan betul betapa ketatnya peraturan dari bandara yang berasal dari negeri Sam tersebut. Yang akhirnya menyebabkan pria yang terjebak itu menjadi harus bertahan hidup dengan mengandalkan banyak cara. Kalo di Soekarno Hatta gue rasa pria itu bisa nyelonong pergi gitu aja, pake taxi gelap pula. Nama pria ini adalah Viktor Navorski (Tom Hanks). Ia berasal dari sebuah negara fiksi bagian eropa timur yang ternyata sedang dilanda peperangan besar pada waktu dirinya baru saja sampai di bandara. Gue curiga negaranya lagi perang lawan ISIS. Dan oleh karena peperangan di negaranya tersebut, paspornya malah menjadi ditolak dan ia dianggap tak mempunyai negara. Di bandara ini pun Viktor dibumbuhi dengan sebuah kisah cinta. Seorang pramugari cantik bernama Amelia Warren (Catherine Zeta-Jones), yang selalu datang di bandara tersebut setiap dua kali sebulan, telah membuat dirinya terpanahkan asmara. Sehingga membuat dirinya terus mencari cara agar dapat bertemu dan mengobrol dengannya selama dua hari setiap bulan tersebut.

3. Air Force One

Airforce One at Twilight

Seperti yang disajikan oleh sutradara Wolfgang Petersen di tahun 1997, Presiden Amerika Serikat James “Jim” Marshall (Harrison Ford) yang baru berangkat pulang ke negaranya setelah berpidato dalam sebuah acara perayaan penangkapan Jenderal Ivan Radek (Jurgen Prochnow), pemimpin pemberontak Kazakhstan di Moskow, Rusia.  Tanpa disadari para penumpang pesawat kepresidenan Air Force One disusupi oleh sekelompok teroris yang menyamar sebagai awak televisi Rusia. Pimpinan teroris Egor Korshunov (Gary Oldman) dan anak buahnya secara tiba-tiba menyerang dan berhasil menguasai pesawat tersebut. Seluruh penumpang pesawat Air Force One disandera termasuk istri Presiden, Grace Marshall (Wendy Crewson) dan putri mereka, Alice (Liesel Matthews). Namun Presiden Marshall berhasil lolos dari tangkapan para teroris dan menyembunyikan diri dalam pesawat yang luas itu. Walau sempat kesal dengan lolosnya sang presiden, Egor langsung menghubungi Gedung Putih di Washington untuk menuntut pembebasan pemimpin mereka, Jenderal Radek dari penjara. Jika tidak dipenuhi, para teroris akan mengeksekusi seorang penumpang setiap setengah jam sampai permintaan mereka dipenuhi.

4.Con Air

Con-Air-movie-04

Ini sebenarnya film lawas, tapi masih layak tonton. Apalagi buat kalian yang suka aksi di pesawat. Ceritanya di mulai saat Cameron Poe (Nicolas Cage) ngebunuh cowok yang ngeganggu isterinya. Gile bener dah. Karena itu pula lah pula mantan pasukan elit Ranger dari Angkatan Darat AS itu harus menerima ganjarannya, 8 tahun penjara. Padahal saat itu istrinya sedang hamil. Dalam perjalanannya menuju kebebasan, dia harus menumpang Jailbird, pesawat yang akan membawanya pulang. Ternyata dalam Jailbird berisi pula para napi kelas kakap semacam Cyrus The Virus (John Malkovich), Nathan Jones (Ving Rhames) ataupun Garland Greene (Steve Buscemi). Tak dinyana, para napi kelas kakap tersebut membajak Jailbird dengan kecerdikannya. Akibatnya kepulangan Poe tidak semulus yang diharapkan. Dengan trik satu sisi sebagai kawan dan satu sisi sebagai lawan dan dengan bantuan seorang polisi Federal, Vince Larkin, Poe berhasil menaklukkan Cyrus. Jailbird pun dengan suksesnya mendarat di jalanan Las Vegas. Kisahnya lumayan bikin penonton deg-degan untuk tiap aksi si om Cage.

5. Flight Plan

flightplan

Satu lagi film bertema penerbangan komersil yang alur ceritanya sangat tak terduga. Adegan awal menampakkan Pratt (Jodie Foster) yang menunggu kereta api untuk pulang dan sesaat diacak dengan alur maju-mundur, bergantian dengan kilasan-kilasan saat ia menunggui jenazah suaminya di kamar mayat rumah sakit. Di duga sang suami mati karena bunuh diri. Lalu Mbak Pratt ini berencana kembali ke rumah ortunya dengan membawa serta anak semata wayangnya bernama Julia yang masih kecil, juga jenazah sang suami. Masalahpun timbul ketika di dalam pesawat jumbo yang menerbangkan mereka ke New York, Julia hilang tanpa disadari oleh Mrs. Pratt. Setelah dicari ke sana ke mari namun tak juga ketemu,Pratt mulai panik. Mustahil putrinya menghilang secara gaib. Pasti ada seseorang yang telah menyembunyikannya. Dalam paniknya, Kyle meminta bantuan para kapten pilot (Sen Bean) yang segera memerintahkan krunya untuk mencari Julia. Namun sayang menurut salah seorang pramugari nama Julia tak ada dalam daftar penumpang di penerbangan itu. Konyolnya, Kyle juga tak bisa menunjukkan bukti tiket dan boarding pass atas nama Julia. Akhirnya tak ada seorangpun yang mempercayai Mrs. Prat dan menganggapnya gila. Sebagai seorang insinyur aeronautika, Kyle sangat paham kondisi dan isi perut pesawat. Oleh karena itu ia yakin putrinya pasti berada di suatu tempat tersembunyi di dalam pesawat tersebut. Maka ia ngotot memaksa sang pilot untuk melakukan pencarian sekali lagi ke seluruh bagian pesawat, termasuk bagasi di mana peti mati suaminya berada.

6. Red Eye

red-eye-2

Hebatnya seorang teroris profesional bernama Jackson Rippner (Cillian Murphy) adalah keberhasilnya membuat mapping kehidupan calon korban dan orang lain yang nantinya bisa dijadikan umpan. Pendek kata kemampuan memperalat orang lain agar calon korbannya terpancing masuk dalam sarang umpan. Tanpa sadar Lisa ‘Leese’ Reisert  Rachel McAdams) –manajer Hotel Lux Atlantic di Miami, Florida—masuk dalam perangkap itu. Leese baru sadar posisinya sudah dijepit, ketika duduk bersebelahan dengan teroris bernama Jackson Rippner itu. Ia terperangah bukan kepalang, kalau ayah kandungnya Joe (Brian Cox) rupanya juga dijadikan ‘umpan’ untuk memaksa Leese melakukan tindakan yang menggiring calon korban itu ke posisi paling lemah untuk ditembak. Namun saat pesawat telah mendarat, Lisa berhasil kabur.

7. Catch Me If You Can

me-if-you-can-2

Ini adalah yang jadi favorit gue di antara yang lain. Sampe udah gue tonton beberapa kali. ‘Catch Me if You Can’ dirilis tahun 2002 dan mendapatkan banyak sekali review positif. Selain digarap oleh sutradara handal, film ini juga menampilkan sosok aktor Leonardo DiCaprio sebagai Frank Abagnale Jr. Frank Abagnale Jr dikenal sebagai ‘The Skywayman’ di berbagai negara bagian di AS, karena ia telah terbang ratusan ribu mil sebagai ‘deadhead’ yang duduk di kokpit pesawat bersama pilot dan ko-pilotnya. Sebenarnya Frank Abagnale Jr hanyalah seorang anak yang lari dari rumah akibat perceraian kedua orang tuanya. Kondisi ayahnya, Frank Abagnale Sr yang bangkrut akibat masalah pajak, membuat kondisi pernikahan orang tuanya yang tadinya bahagia menjadi rusak. Ibunya selingkuh dan akhirnya memutuskan untuk bercerai. Abagnale Jr kemudian memutuskan untuk lari dari rumah. Agar bisa hidup dengan uang yang terbatas, ia kemudian menipu menggunakan cek. Abagnale Jr belajar untuk membuat cek palsu yang bisa ia uangkan. Lambat laun keahliannya menipu semakin hebat, meskipun awalnya tak dipercaya sebagai orang dewasa, Abagnale Jr semakin menyempurnakan identitas palsunya dengan berganti-ganti identitas.  ‘Catch Me if You Can’ merupakan sebuah film dengan jalan cerita unik dan membuat penonton menebak-nebak adegan serta akhir cerita ini. Diiringi dengan score yang luar biasa tepat, film ini menampilkan petualangan luar biasa bagi penonton, dan mampu membuat penonton menggelengkan kepala dengan trik yang dilakukan oleh Abagnale Jr.

Apa kalian sepakat ketujuh film ini merupakan film yang sangat layak tonton bagi para avgeek? atau kalian punya judul yang berbeda dari ketujuh di atas. Sharing dengan mention gue di twitter yak.

7 HAL ANEH DI VIDEO CLIP KU RAYU BIDADARI

259432_al-ghazali_663_382

Siapa sih yang gak kenal Al Ghazali. Anak pertama pasangan musisi papan atas Indonesia Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Parasnya yang ganteng banget membuat para fans wanitanya sangat tergila-gila. Cowok yang menurut gue multi talented ini menekuni banyak bidang seni. Pernah membuat grup band bersama kedua saudaranya, ngeDJ, bermain film dan juga pernah membuat single solo.

Kurayu Bidadari, itulah judul singlenya. Di video ini, diceritakan Al sedang berada di satu penerbangan entah dari mana ke mana. Gue belum sempat lihat boarding passnya. Saat di dalam pesawat datanglah seorang pramugari yang sedang melaksanakan prosedur keselamatan. Di sana terlihat mereka saling curi menatap satu sama lain. Asumsi gue mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. Nah di sini Al begitu kejamnya, karena sesaat setelah landing dan berada di gedung termnal. Ternyata dia sudah di jemput oleh pacarnya. Nah sang mugari pun melihat di depannya Al dan pacarnya berpelukan. Bukan kah sangat tega Al sampai mematahkan hati seorang pramugari.

Namun di artikel ini, gue gak bermaksud ngereview cerita video clip Al ini. Ada beberapa point yang menurut gue janggal jika dilihat dari sudut pandang penerbangan nyata. Berikut Selengkapnya;

1. Pramugari Berjalan Sendirian

IMG_3713[1]

Bertemu pramugari adalah hal yang biasa selama kita di bandara. baik saat mereka menuju pesawat atau saat sesudah menjalani penerbangan. Yang aneh di video clip Kurayu Bidadari milik Al, pramugari itu terlihat selalu sendiri. Di bagian awal yang tidak jelas itu mugarinya sedang menuju atau meninggalkan pesawat terlihat berjalan sendiri. Pun demikian saat setelah landing. tidak tampak crew dan pilot. Padahal seringnya Pramugari berjalan rombongan bersama satu set crew penerbangannya hari itu,

2. Kursi Penumpang Terlihat Kosong.

IMG_3711[1]

Awalnya gue kira si Al ini menggunakan private jet, seperti yang sering Syahrini lakukan. Namun ternyata menggunakan pesawat komersil biasa dari maskapi Lion Air. Terlihat dari Seragam yang dikenakan pramugarinya. Meski duduk di kelas bisnis, tapi bagi gue pribadi ini sungguh janggal. Terlihat juga saat dia turun dari pesawat, sepi.

3. Al Ghazali Langsung Membalas Pesan

Apa-apaan ini. Terlihat jelas kalo saat menjejakan kaki di luar pesawat Al sudah menerima pesan dan langsung membalasnya. Asumsinya adalah smartphone milik Al aktif selama penerbangan, atau dia mengaktifkan nya sesaat setelah landing. Namun tetap saja ini melanggar. Bukankah mengaktifkan telphone seluler hanya diperbolehkan saat sudah berada di gedung terminal.

4. Tidak Tampak Satupun Crew Darat

IMG_3710[1]

Ini juga satu kejanggalan. Sudah pasti di saat loading dan unloading penumpang dan barang diperlukan ground staf. Terdapat kesibukan di sana sesuai tugasnya masing-masing. Tangga pesawat, cargo handling, tehnisi, pengisian bahan bakar, sampai keamanan. Ada banyak orang di sana. Namun di Video Al, tidak terlihat satupun orang kecuali Al sendiri. Aneh bukan?

5. Pramugari Lion Namun Entah Di Maskapai Apa.

IMG_3712[1]

Mungkin ini untuk menghindari anggapan jika video clip Kurayu Bidadari sekaligus mengiklankan maskapai swasta terbesar di Indonesia ini. Jika tujuannya itu, tetap saja tidak berhasil. mengapa? Karena pramugari yang berperan di video klip tersebut pun adalah branding dari Lion Air. Dan pasti gak akan menyangkal jika itu adalah seragam dari pramugari Lion Air. Namun saat Al keluar pesawat, badan pesawat tidak tampak tulisan Lion. Bahkan di bagian ekor tak tampak logo singa, yang ada justru huruf “A”.

6. Penjemput Masuk Hingga Ruang Tunggu

IMG_3716[1]

Nah ini yang gak pernah gue temuin. Kita tau di video klip itu Al sudah di tunggu oleh sang pacar. namun bukannya menunggu di depan terminal kedatangan tapi justru (terlihat seperti) di ruang keberangkatan atau boarding lounge. Entah bagai mana caranya si pacar bisa menunggu di sana. Normalnya sih itu tidak mungkin. Penjemput masuk ke ruang pengambilan bagasi saja dilarang.

7. Mudahnya Al mendapat Contactnya Pramugari

Oke, bagian ini gue akui sebagai bentuk curhatan. Belum pernah sekalipun gue bisa dapetin contact dari mugari yang satu penerbangan. Paling memungknkan cuma berusaha mengingat namanya lalu cari akun sosmednya melalui mbah google. Yah mungkin karena Al Ganteng. Tapi tetep aja ini terasa gak adil.

Nah, itu doank yang gue anggap janggal dari video clip Kurayu Bidadari milik Al Ghazali. Artikel ini gak bermaksud menyudutkan atau berniat menjelekkan. Karena gue gak punya kapabilitas untuk itu. Apa lagi kalo dibandingin sama tampangnya Al. Gue yang cowok aja bisa mendadak jadi gay, apalagi cewek-cewek. Artikel ini cuma buat perbandingan aja antara video clip dan dunia nyata. Notabenenya dalam sebuah video clip bisa terjadi apa saja sesuai imajinasi sang produser.

Bagi kalian yang mau melihat video Al Ghazali “Kurayu Bidadari”

HAL SEDERHANA YANG PERLU ADA DI BANDARA SOETA

1

Gak pernah habis kalo bicarain bandara Soekarno-Hatta. Salah satu bandara tersibuk di muka bumi ini. Banyak keluahan sedikit prestasi. Pun demilian dengan penumpang, banyak mengeluh sedikit partisipasi. Keruwetan Bandara ini bukan sekedar dikarenakan ketidak mampuan operator namun juga harus di barengi dengan kerelaan setiap insan penggunanya untuk saling jaga dan patuh.
Soeta yang berada di Tangerang ini sedang berusaha bersolek. Berbagai pengembangan sedang dikerjakan oleh PT. Angkasa Pura 2 ( persero) selaku pengelola. Penambahan kapasitas di terminal 1, pengoptimalan runway, pembangunan kereta bandara hingga mega proyek Terminal 3.
Namun sambil menunggu pembangunan mega proyek di atas selesai, menurut gue ada hal-hal sederhana yang bisa di perbaiki di bandara Soeta ini. Lets check it out;

1. Fasilitas Check in
Terutama di terminal 1, A dan B. Ini yang gue rasain sendiri. Sistem check-in terlalu tradisional. Ruangan tidak sebanding dengan luapan antrian. Itu di keadaan normal. Ada baiknya pihak bandara bekerja sama dengan airline untuk membangun sistem check-in yang lebih modern, efisien dan cepat. Penyediaan self check-in yang cukup paling tidak sudah mengurangi antrian panjang.

2. Keramahan Petugas Avsec
Simple tapi sulit dilakuin. Sekali lagi ini adalah pendapat pribadi yang didapat dari pengalaman pribadi. Avsec Soeta sepertinya terlalu sulit untuk tersenyum ramah. Tidak semuanya emang yg mukanya galau. Tapi kebanyak yahh.. gitu deh.

3. Mata Air
Bukan mata air beneran. Maksudnya, selama ini gue belum pernah sik nemuin free fresh water di terminal Soekarno Hatta. Entah strategi marketing atau memang belum tersedia. Ini sederhana namun sangan membantu bagi para pax.

4. Smoking Area

Gue bukan perokok sih, jadi gak pernah nikmatin fasilitas ini. Tapi justru karena gue bukan perokok gue malah jadi korban kurangnya fasilitas smoking room. Lagi-lagi di terminal 1. Tempat merokok hanyalah sebatas kotak kecil. Akibatnya ada beberapa orang yang nekat ngerokok di lorong-lorong sebelum boarding lounge. Kan parah.

5. Children Ground

soekarno-hatta-airport-jambi-indonesia+1152_13364395323-tpfil02aw-27572
Yahh… Keg na kalo yang satu ini kagak ada sama sekali. Pengguna bandara bukan cuma sebangsa orang dewasa. Anak-anak yang bepergian dan mengalami delay bakal kasian. Pasti mereka bosen banget. Kagak ada hiburan yang diperuntukan untuk mereka sama sekali. TV cuma nanyangin iklan dan atau tayangan berita-berita lokal. Gak ada majalah untuk anak-anak.

6. Selfie Spot
Bikin aja di pojokan. Dengan latar yang menarik dan khas bandara. Ini bisa jadi ‘oleh-oleh’ untuk di bawa ke tempat tujuan. Sederhana namun menarik. Bisa menjadi brand image bagi Soeta

Dan sebenernya masih ada lagi. Gue cukupin segitu dulu untuk ditambahin di tulisan berikutnya. Kalo kalian sendiri gimana? Apa ada hal-hal sederhana yang perlu ada di bandara Soeta, agar para pax merasa nyaman? Share pengelaman kalian di kolom komentar atau mention Twitter kami.

SUPER HERO YANG GAK BUTUH PESAWAT

gatot_kaca___tribute_to_ra_kosasih_by_the_hary-d58ixgi

Moda transportasi udara semakin hari semakin dibutuhkan banyak kalangan. selain keefektifitasannya. Bepergian dengan pesawat juga nyaman dan mampu menjangkau lebih banyak wilayah. Dengan waktu yang relativ lebih cepat. tak hanya orang, barangpun dapt dikirim dengan lebih cepat. Bayangin aja bagi kalian yang lagi LDR yang terpisah pulau dan gak ada pesawat. Bisa -bisa pacar kalian di sana keburu Punya anak baru kalian ketemu.

Kebayang donk gimana butuhnya kita akan moda transportasi satu ini. Lain cerita kalo kalian adalah super hero yang punya kemampuan spesial. Mukin gak akan butuh pesawat untuk bepergian. berikut beberapa super hero yang dengan kemampuanya gak butuh pergi dengan pesawat.

1. Iron Man

iron-man-3-terbang-melintas-ke-benua-asia-20130403182006

Yeahh. Super hero favourit gue. Mr. Tony ini punya segala sumberdaya untuk membuat mesin super canggih. Tehnologi apapun sepertinya bisa ia ciptakan. Dan salah satu maha karyanya adalah jubah besi yang super duper canggih. Bukan sekedar Baju besi biasa, namun gue lebih suka menyebutnya pesawat tempur dalam bentuk baju. bukan hanya sekedar terbang. Baju ini dilengkapi dengan banyak alutsista. Keren.

2. Thor

Yah kalo ststus lo sebagai dewa sih yah mau apalagi. Gak butuh tuh yang namanya pesawat. Modal palu saktinya aja udah ngebawa dia mampu keliling dunia dalam waktu singkat. Bahkan mampu bepergian antar galaxy. Yah turun gengsi juga dong masa dewa naik pesawat.

3. Super Man

Sama sekali gak butuh pesawat. Buka kemja, berkibar sayap, celana kolor di luar, dan wuzzz… terbang lah dia. Manusia super ini berasala dari planet lain. karena da perbedaan gravitasi antara bumi dan planetnya. Maka dia mampu memiliki kekuatan melebihi manusia bumi, salah satunya terbang.

4. Silver sulfer

Gue gak tau banyak sih dengan super hero yang satu ini. Entah dia baik atau jahat. Taunya dia bisa terbang pake papan seluncur. Badannya mengkilap. dan punya kekuatan kosmik

5. Hawkman

hawkman

Merupakan reinkarnasi dari Pangeran Mesir bernama Khufu, ia menemukan bahwa “Nth Metal” dapat membatalkan hukum grativasi, yang memperbolehkannya untuk terbang dan juga kekuatan dari bajunya. Karena ia merupakan arkeologi dan sejarawan, ia menggunakan senjata dari museumtempat ia bekerja untuk menegakkan kebenaran. Enak kan bisa terbang.

6. Gatotkaca

Gak mau kalah adalah super hero rasa lokal ini. Siapa yang tak kenal dia? Berotot Kawat Bertulang besi. Memiliki kekuatan yang hebat, sakti mandraguna. kalo hanya sekedar terbang bukanlah suatu masalah bagi Gatotkaca. Super Hero yang berasal dari legenda Mahabarata ini sama sekali gak butuh pesawat. kemampuannya terbang mungkin juga karena belum ada pesawat di jamannya

Nah itulah enaknya jadi super hero. Jarak bukan menjadi halangan yang berarti. Selain itu pun akan mendapat kepopuleran. Jika kemampuan dari dalam diri saja sudah sakti, siapa butuh pesawat? Gak enaknya sih gak bakal ketemu Pramugari

Sekian dulu deh yang bisa gue rangkum. Kalo boleh menghayal, pengen jadi siapa kalian? Mukin temen temen ada yang mau nambahin silahkan komentar atau mention twitter kita.

SEDIKIT TIPS SEDERHANA SAAT HARUS MENGGUNAKAN BANDARA SOETA

download (2)

Siapa yang gak tahu Bandara Soekarno Hatta? Bandara terbesar dan menjadi pintu gerbang utama negara Indonesia. Menjadi salah satu Bandara tersibuk di dunia. Pun (katanya) menjadi bandara tersulit bagi para pilot karena kepadatan lalu-lintasnya, baik di ground maupun di langit.

Bandara ini gak pernah kenal dengan yang namanya sepi. Bahkan semakin Padat saat peak seasons. Berbagai jenis manusia dengan kepentinganya masing-masing ada di sana. Antrian ada di mana-mana, bahkan sejak pintu gerbang tol Cengkareng. Mencari parkir mobil sulit. Drop penumpang sulit, antrian check-in mengular, boarding room tidak sesuai kapasitas, antrian take off dan landing gak kalah panjangnya. Jangan segan untuk mengatakan bandara ini semrawut.

Kesemrawutan ini bisa bikin para calon penumpang kesulitan dan merasa gak nyaman. Resiko paling gedenya yah gagal terbang.

Di artikel ini gue mau kasi beberapa tips untuk kalian semua agar mampu bertahan di bandara Cengkareng ini. Let’s find out;

1. Datang Lebih Awal

Hal ini juga imbas dari tingkat kemacetan kota Jakarta. Waktu gak bisa kalian prediksi. Kadang bisa sangat cepat, gak jarang makan ati jalan ala semut. pengalaman pribadi gue pake taxi dari daerah Rawa Buaya. Anak Jakarta pasti tau seberapa dekatnya daerah ini ke Soeta. Tapi kalo sudah di landa macet, 2 jam aja gak cukup buat sampe..

Selain permaslahan macet di jalan, macet pun akan kalian rasain saat sudah masuk kawasan bandara. Jangan tanya gimana cari parkir. SULIT!

2. Bawa Barang Seperlunya

Usahakan jangan membawa Barang terlalu banyak yoh. ini agar proses Check-in kalian lebih mudah dan ringkes. Kalo harus menitipkan barang bawaan dengan di bagasi kargo, kemas dengan rapi dan aman. tau sendirilah permasalahan bagasi handling di Soeta. Tapi Jika khawatir barangmu kenapa-kenapa, jangan sampai juga berlebihan membawanya ke kabin. Cukup 7 kg, tidak lebih.

3. Kenyang Sebelum Berangkat

Sudah rahasia umum kalo harga makanan di Bandara itu mahal banget. Mungkin gak akan jadi masalah bagi pax berkantong tebal. Tapi bagi gue, alangkah lebih baiknya sudah makan sejak di rumah. Atau paling tidak bawa bekal nasi kotak. Dan yang gak kalah penting, bawalah air mineral sendiri. Bandara Soeta masih pelit untuk hal-hal seperti ini.  Lumayan kan uangnya bisa buat beli oleh-oleh.

20140814135750925

4. Jangan Gunakan Taxi Tidak Resmi

Bukanya mau berburuk sangka, tapi seringnya mereka menawarkan harga yang gak masuk akal. Soalnya taxi ilegal ini seringnya mematok harga terlebih dahulu Kalo kalian tau jalan, lebih baik gunakan taxi resmi. Ini juga demi keamanan kalian kok. Lagian modern ini udah banyak app navigasi untuk smartphone. Selain itu, secara pribadi gue risih ama mereka.

Itu aja dari gue, gak seberapa mungkin. Tapi semoga bisa ngebantu. Gimanapun juga kita gak bisa serta merta nyalahin Angkasa Pura 2 selaku pengelola ataupun pemerintah. Sedikit banyak kita semua sebagai pengguna jasa bandara juga punya andil untuk setiap keteraturan.
Kita tunggu saja perubahan wajah Soeta beberapa tahun kedepan. Semoga bandara utama di negeri tercinta kita ini semakin cantik, nyaman dan menjadi penggerak sendi kehidupan bangsa. Amin,

Menyerah Berarti Kalah

7bb94da0397bdf7847a201aa0ff7be00-ld

Ada bagian dari hatiku yang menertawakan keras ketakutan ku ini, membodoh-bodohiku tindakanku. Menjadikan impianku untuk menjadi ‘seseoran yg sukses’ sebagai terdakwa atas masalah pelik yang aku hadapi. Aku lama terdiam. Mengajak hatiku untuk berdialog. Sampai kemudian telingaku menangkap seseuatu yang penuh gelora. Radio itu…………. penyiar diujung sana berbicara apa????

“…..orang hebat adalah orang yang bersalaman dengan kesulitan. Jadi kalau kamu semua lagi punya kesulitan, hadapi! Jangan takut…… Ibaratnya gini loh, kamu sudah memutuskan untuk menceburkan diri ke sungai maka pilihannya adalah terus berenang untuk samapi ke tepian dan meraih semuanya. Menyerah bukan pilihan untuk hidup. Karena menyerah cuma akan membuat kamu tenggelam di tengah sungai dan mati tanpa diketahui orang”.

Aku sudah tidak dapat mendengar lagi kalimat selanjutnya karena yang baru saja aku dengar sungguh menyentuh hatiku. Kalimat-kalimat itu seakan
menguasai hatiku. Saat itu juga aku seperti mengajak diriku sendiri menghadapi semua ini. Aku harus bisa
menghadapi jalan yang aku pilih dan dengan begitu aku juga harus bertanggun jawab atas segala
resikonya. Teruskan langkahmu. Aku merasakan ada keyakinan di sana. Keyakinan yang berasal dari sinar
sebatang lilin di tengah jalan panjang dan gelap. Bisa! Aku pasti bisa menyelesaikan semua masalah ini.
Aku telah melewati bulan-bulan yang panjang untuk mendapatkan pilihanku. Keadaan sulit kemarin saja
bisa teratasi, itu artinya aku memeng mampu. Buru- buru aku simpan pikiran positif itu dalam memoriku.
Aku mampu!

Ya, aku mampu! Aku akan menghadapi kesulitan ini dan aku pasti akan mampu menggapai impian dan juga cita-citaku. Kita lihat nanti saja, ada jalan apa yang di tawarkan. Oh ya, terimakasih untuk inspirasi dari penyiar di ujung sana…..

Sembilan matahari

8 Profesi Lain Yang Bisa Pramugari Lakukan

hong-kong-airlines-a-flight-attendant-practices-kungfu

 

Pada dasarnya profesi sebagai pramugari itu sudah sangat menyenangkan, meski dengan resiko dan tanggung jawab yang tak kalah besarnya. Keselamatan penumpang adalah tanggung jawab utama dari semua pramugari. Baik LCC maupun full services, tetap menempatkan safety pada urutan teratas di setiap pekerjaan. Pramugari dibekali bermacam kemampuan dan pengetahuan guna mendukung hal itu. Mulai bantuan kesehatan hingga menangani kejahatan. siapa lagi yang akan diandalkan kita, sebagai penumpang, jika sampai terjadi keadaan darurat? Yup, Pramugari. Berbekal pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki seorang pramugari, tidak salah jika mereka mampu menjalani profesi selain profesinya sebagai peri udara. Berikut skyPAX rangkum profesi apa saja yang bisa dilakukan pramugari, selain menjadi pramugari:

1. Bintang Iklan

Sudah banyak kok pramugari yang jadi bintang iklan, meski untuk iklan maskapai tempatnya bekerja. Namun selain itu bisa saja mereka menjadi bintang untuk iklan lain. Misalnya iklan produk kosmetik, iklan shampo, iklan sosis atau iklan apasajalah. Dari sisi fisik mereka sudah menjual banget. Gue yakin mereka juga gak akan demam kamera, karena sudah terbiasa berhadapan dengan banyak orang. Bintang iklan bisa saja jadi side job seorang pramugari.

2. Sekretaris

Cocok banget deh mugari dijadiin sekretaris. Pintar sudah pasti, pengetahuan luas, menguasai bahasa asing minimal Bahasa Inggris. itu sedikit banyak sudah menjadi modal utama kalo mau jadi sekretaris. Pramugari juga sudah terbiasa bekerja dengan jadwal yang padat. Mereka pasti mengutamakan ketepatan waktu. Sekretaris seperti ini pasti akan sangat membantu dalam menyelesaikan tugas kantor. Namun hati-hati dengan pasangan anda di rumah, punya sekretaris sperti ini bisa memicu pertengkaran. Jika kamu jomblo, nikahin dia.

3. Guru

Sudah terbiasa menangani penumpang dengan bermacam tipkal sudah pasti akan memudahkan pramugari saat menghadapi murid-murid nakal. Apalagi yang sedang beranjak puber. Dengan ilmu yang dia miliki banyak mata pelajaran yang bisa diajarkanya. Atau minimal menjadi guru bahasa inggris lah. Jika seorang pramugarai menjadi guru, gue yang jadi murid dijamin akan rajin masuk kelas. Siapa tahu bisa jadi pacar. Murid dan guru saling jatuh cinta, yang diawali dengan adegan saling tabrakan di lorong kelas. lalu buku yang mereka bawa berjatuhan, saat mencoba merapihkan buku-buku tadi, tanpa sengaja tangan mereka saling bersentuhan, spontan mereka saling tatap untuk beberapa detik. dan fix gue jadi korban FTV. Intinya Pramugari punya kapabilitas untuk menekuni profesi sebagai guru.

4. Model

Bentuk tubuh ideal, dengan tinggi semampai. Penampilan fashionable meski dibalut seragam. Berjalan di lorong kabin dan menjadi pusat perhatian para penumpang. Lalu Apa bedanya dengan model yang berjalan di lenggak lenggok dengan bermacam busana.? Wanita yang menjadi pramugari juga tepat jika menjadi model fashion. Gue rasa semua setuju jika pramugari juga cocok menjadi seorang model.

5. Perawat

Semua pramugari dibekali ilmu medis. Bahkan diajarkan membantu persalinan. Sudah banyak kejadian Pramugari membantu ibu hamil melahirkan di pesawat selam pesawat masih mengudara. Sedikit banyak pramugari juga memahami mendeteksi penyakit. Memahami farmasi untuk memberikan pertolongan pertama pada penumpang jika tiba-tiba jatuh sakit. Gue sih gak berharap kelak anak gue lahir di kabin pesawat dengan bantuan pramugari. Cukup memiliki anak yang lahir dari rahim seorang prmaugari.

6. Psikolog

Pramugari juga diajarkan masalah kejiwaan. menangani kepanikan ratusan penumpang saat terjadi emergensi. Gue rasa dengan ilmunya ini pramugari juga bisa menjadi psikolog. Menangani gangguan mental dari, misalnya, seorang pria stres yang tak kunjung mendapatkan masalah. Atau membantu menghilangkan kegalauan akibat masa lalu bersama mantan agar mampu beranjak move on. Kebiasaan tersenym denga tutur bicara yang nyaman akan sangat membantu. Namun hati-hati dengan senyumnya, kamu bisa kembali gila jika tak kuat iman.

7. Bodyguard

Di awal tadi sempat gue singgung kalo pramugari dibekali kemampuan menangani kejahatan. Bahkan di Maskapai luar negeri, pramugarinya dibekali dengan kemampuan bela diri. Memiliki Bodyguard seorang pramugari doble untngnya. Selain  merasa aman dan terlindungi. Kita juga bisa bilang ke orang lain dia sebagai pacar. Kebayangkan kemanapun ditemani bidadari.

8. Ibu Rumah Tangga

Dan gue kepala rumah tangganya. Dua anak cukup.

Tipe-Tipe Penumpang Pesawat

 

o-ANNOYING-PLANE-PASSENGERS-570

Jika kita masih menggunakan penerbangan komersil biasa, maka kita pasti akan menemui banyak penumpang lainnya. Kecuali kamu seperti Princess Syahrini yang kemana aja pakai jet pribadi. penumpang pesawat komersial, mereka memiliki keperluan yang berbeda-beda. Mulai dari pengusaha yang mau meetting di luar kota hingga pemuda yang mau nemuin kekasihnya di luar provinsi. semua kepentingan yang berbeda itu juga akan berdampak pada sikap mereka selama di bandara maupunn selama penerbangan di pesawat. Nah, berikut beberapa type penumpang yang mungkin dapat kamu temui selama kamu on board;

1. Penumpang Normal

Penumpang seperti ini adalah jenis penumpang pada umumnya. Duduk di kursi dengan wajar, mematikan HP tanpa perlu ditegur mugari, ngobrol seperlunya dengan penumpang lain di sebelahnya, sesekali baca koran atau majalah. Pokoknya dia ini gak aneh-aneh lah. Dia gak akan mengganggu penumpang lain atau akan berpotensi menyusahkan pramugari.

2. Penumpang Jail

Penumpang yang jail pasti gak akan bikin nyaman penumpang di sebelahnya. Ributlah, ngajak ngobrol terus, sering memenggil mugariuntuk suatu permintaan yang aneh-aneh, duduk gak bisa tenang, kadang duduk sambil kakinya diangkat. Memainkan AVOD tanpa perduli penumpang sebelahnya ngerasa terganggu apa tidak, dan banyak kejailan lain yang bikin kita di sebelahnya gak nyaman deh.

3. Penumpang Baik

Sebenarnya jenis penumpang ini adalah penumpang yang normal, cuma dia lebih nyenengin. suka nawarin makanan atau minuman yang dia bawa, atau tak jarang yang nawarin buat pulang bareng kalo memeng kita belum tahu nanti bakal di jemput siapa. kalo ngobrol juga bikin betah hingga terbang gak berasa bosen. Syukur-syukur kalo dia berbeda kelamin, seumuran, single dan terbang sendirian. #YouKnowWhatIMean

4. Penumpang Sibuk.

Dari masuk pesawat udah nenteng tablet atau notebook. Sampai pesewat selepass take-off dia buru buru buka gedgetnya tadi lalu mulai sibuk sendiri. Gak bisa diajakin ngobrol, paling bicara saat ditanya sama pramugari mau minum apa. dari mulai take-off hingga pesawat hendak mendarat dia hanya sibuk ngerjain enatah apalah. Mungkin dia sedang dikejar deadline. Atau harus menyelesaikan presentasi yang akan dia sampaikan pada klienh nanti.

5. Penumpang Pasangan

Bisa saja nyaman duduk didekat penumpang jenis ini, bisa juga bikin bete. nyaman kalo mereka maasuk golongan penumpang baik. Gak nyaman kalo mereka bikin kita iri. Yang LDR bakal ngebatin, “kapan bisa terbang bareng seperti mereka,”  yang jomblo bakal ngebatin juga, “semoga mereka putus, bikin iri gue aja”. Lebay poto poto selfie, backgroundnya jendela pesawat yang menampakan gugusan awan berbentuk hati, indah. Ngobrol Berdua sampai ketawa-ketiwi, serasa kabin milik mereka berdua. Pas mau landing yang cewek bilang kepacarnya “yankk, udah mau landing aku takut”. si cowok coba menenangkan hati ceweknya sambil pegang erat tangan si cewek, “kamu gak perlu takut, aku rela mati untuk melindungi kamu jika pesawat ini hancur berkeping lalu tenggelam di lautan”. “ohh sooo sweeeet” si cewek berbinar. lalu mereka cipokan dan lupa kalo di sebelah ada gue.

6. Penumpang Galau

Bisa jadi jenis penumpang ini gue, yang barusan lihat penumpang pasangan abis cipokan tadi. Penumpang galau biasanya terbang sendiri. jenis penumpang ini terlihat lesu dan berpakaian acak-acakan. Selama di pesawat tak banyak bicara dan lebih sering melamun. Saat check in sebelum terbang, sengaja pesan tempat duduk di samping jendela. Agar bisa galau sambil lihatin awan. Mungkin dia mantan LDR, yang niatnya mau nemuin pacar. Niat datang diam-diam bawa mawar demi kejutan untuk sang pacar. Malah terkejut lihat pacar lagi gandengan sama cowok lain. Jika pesawat mengalami kecelakaan, penumpang seperti ini gak perlu diselamatin. Karena tujuan hidupnya sudah layu, seperti mawar yang dia bawa.

7. Penumpang Hot

Pake rok mini yang bikin kakinya yang panjang putih mulus kelihatan jelas. heran, dia gak ngerasa dingin apa didalam pesawat?. Pake kaca mata, wanginya nusuk sampai ke ginjal. pake baju you can see yang bikin [penumpang pria di sebelahnya panas dingin. Kalo ada penumpang macam ini, modusin dia, saat landing tawarin untuk diantar sekalian. dapatin Pin BBm, LINE, Whatsapp, Path sampe akun twitternya. dan jangan lupa dapatin hatinya.

Sekian jenis-jenis penumpang yang mungkin bisa kalian temuin selama terbang. Semoga ada jodoh kita dari sekian banyaknya orang.

5 Persepsi Salah Tentang Pramugari

article-2531176-1A58DE2A00000578-254_634x625

 

Flight Attendant atau Pramugari dalam bahasa kita adalah salah satu pekerjaan yang sangat diidamkan oleh banyak remaja putri saat ini. Banyak faktor yang membuat pekerjaan sebagai Pramugari begitu digilai, mulai dari prestise, salary yang bisa dihasilkan, kesempatan berkeliling Indonesia bahkan dunia dan masih sederet alasan lain yang bisa berbeda satu sama lain. Menjadi pramugari, mau tidak mau akan menjadi pusat perhatian. Menjadi Pramugari mau gak mau harus pintar. Menjadi Pramugari mau gak mau harus menarik. Namun di luar itu semu, tidak sedikit orang memandang negativ pekerjaan yang satu ini. Lalu apa saja pandangan negativ terhadap Pramugari yang salah kaprah? Berikut hasil rangkuman skyPAX:

1. Pramugari itu Matre

Selama melakukan penilitian untuk artikel ini, skyPAX gak nemuin kaitan antara profesi sebagai Pramugari dan tingkat kematrean. Pada dasarnya sifat seorang wanita itu matre-dalam tanda kutip. Selain itu, belum juga menemukan alasan kuat seorang Pramugari untuk matre. Secara tiap bulannya aja rekening mereka bisa terisi dengan Rupiah dalam jumlah yang…wow. Lalu untuk apa mereka matre? Jika memang seorang mugari hanya mau dekat dengan cowok tajir, itu berarti mereka menyesuaikan standar dengan dirinya. Jadi kalo mau macarin mugari, ngaca dulu udah pantes apa belum? Sudah sanggup berdiri sejajar apa belum dan sudah seimbang apa belum wawasannya.

2. Pramugari itu Sombong

jika kamu pernah atau sedang berasumsi demikian, maka jawabanya salah. Lalu mengapa saat berpapasan denganya mereka terkesan angkuh, bahkan kadang menoleh pun gak mau, apa lagi membalas senyummu? Padahal mau diajak selfie berdua. Itu untuk menjaga integritas profesi mereka dan menjaga nama perusahaan. dijamin saat di pesawat kamu akan mendapatkan senyuman termanisnya. Selama on board mereka akan mencurahkan perhatian hanya untuk para penumpang yang terhormat. Saking perhatianya sama penumpang, mereka lupa merhatiin pacar sendiri. Semua demi keselamatan dan kenyamanan semua penumpang. Makanya gak salah kalo ada jomblo yang ngerasa di-PHP-in, karena baru dikasi perhatian sejam penerbangan aja udah ngerasa tuh pramugari punya rasa yang sama. Akhirnya apa? Sakit sendiri kan? Mbloo..Mblo.. #AkuRapopo

3. Pramugari Tukang Selingkuh

Selingkuh itu bisa aja dilakuin sama semua orang. Gak jamin kok seorang ibu rumah tangga yang setiap hari di rumah gak selingkuh. Itu semua tergantung gimana kita mampu menjaga iman dan libido, ehh. Jadi gak perlu membangun opini publik bahwa Pramugari itu doyan selingkuh hanya karena sering check-in dari satu hotel mewah ke hotel mewah laiinnya. Dari 10 Pramugari yang lagi jauh dari pasanganya, 7 orang selalu terpikirkan pasanganya apalagi yg sudah punya anak, dan 3 orang memilih berdiam diri di kamar hanya untuk tetap terhubung ke wifi hotel agar tetap bisa komunikasi dengan sang kekasih. Jika ada Pramugari yang selingkuh, berarti dia hanya oknum.

4. Pramugari itu Cuma Mau Pacaran Sama Pilot.

Ini sungguh kekeliruan yang teramat besar. Meski diakui gak sedikit yang jadiannya sama Pilot, tapi banyak juga kok yang punya pacar atau suami diluar dunia penerbangan. Misalnya Pasha yang punya isteri mantan Pramugari, meski dia cuma-dalam tanda kutip, seorang penyanyi. Atau Mbah Tarno yang ngakunya juga punya pasangan seorang mugari. Bukan kah mereka contoh nyata jika apapun pekerjaan kamu, meski bukan seorang Pilot maka kamu tetap bisa memiliki pasangan seorang Pramugari. Paling tidak masih adalah harapan untuk jomblo-jomblo di luar sana.

5. Pramugari itu Pembantu

Kali ini kamu harus benar-benar perhatikan. Istilah penumpang adalah raja itu salah besar. Karena setau gue, raja itu naik naga kalo di film silat di Indo*siar. yah intinya masih banyak yang menganggap mugari hanya untuk membagikan makanan di dalam kabin. Atau mengangkat angkat koper raksasa penumpang ke tempatnya. Maknan adalah layanan tambahan tapi bukan yang utama. Meletakan koper pada tempatnya adalah 1000% tanggung jawab pemilik. Yang utama dan paling utama dari kehadiran seorang pramugari adalah memastikan keselamatan anda wahai para penumpang. Jadi selama penerbangan, bersikaplah kooperatif. Karena dari jika anda mampu berbuat hal kecil untuk membantu keselamatan penerbangan, anada sudah ikut berperan menyelamatkan ratusan nyawa penumpang lainnya. Paling tidak, jangan lah berbuat hal-hal aneh yang bisa menghambat operasional penerbangan. Sehingga penerbangan menjadi terlambat. Siapa yang rugi? Penumpang.

4 Aturan Yang Sering Dilanggar Oleh Penumpang

luggage full and ready to travel

Di kalangan masyarakat Indonesia ada satu slogan yang absurd banget, tapi sepertinya menjadi pedoman hidup. “Peraturan dibuat untuk dilanggar”, itu slogannya. Pasti kalan semua akrab banget sama kalimat itu. Entah mengapa slogan menyesatkan ini sudah terpatri dibanyak sendi kehidupan rakyat kita. Mulai dari hal sepele larangan membuang sampah sembarangan. Padahal yang boleh dibuang sembarangan kan cuma mantan, ehhh… Atau yang sifatnya untuk keselamatan diri sendiri misalnya peraturan penggunaan helm saat berkendara. Nyatanya masih banyak yang tidak patuh.

Slogan ngawur tadipun menular kepada penumpang maupun calon penumpng pesawat. Gue yakin kalo mereka paham hal itu sebuah pelanggaran. Tapi entah dengan alasan apa mereka seenak udel bolongnya gak perduli dan tetap aja dilanggar. Yang melanggar gak tau diri, yang harusnya menegakkan aturan pun mulai acuh. Ditanya mengapa? entahlah, mungkin mereka sudah lelah.

Apa saja sih pelanggaran yang sering Pax lakuin baik selama di Bandara maupun setelah mengudara? Berikut hasil pengamatan skyPAX

1. Membeli Tiket di Calo

Inilah pelanggaran yang selalu dilakukan oleh banyak calon penumpang pesawat. Dari awalnya saja udah melanggar. huuffftt… Dengan berbagai alasan super klasik mereka membenarkan pembelian tidak resmi tersebut. Mulai dari alasan kepepet lah, tiket sudah habis lah, atau karena udah kebanyakan duit sampai harus ngebeli tiket ilegal tersebut dengan harga yang pastinya lebih mahal dari harga resmi. Padahal kalo kamu beli tiket di calo, maka tiket yang kamu pegang gak akan sama dengan identitas aseli kamu. Bukanya menolong, malah merugikan pax. keluarga kamu gak akan berhak menerima asuransi jika tiba tiba pesawat yang kamu terbangi dengan tiket dari calo tadi hilang di tengah samudera hindia. kamu bakal di curigai dan di cap sebagai penumpang gelap. Gak enak. yang enak itu jadi Pacar gelapnya Pramugari. Kamu gak akan punya hak untuk menuntut jika ada keterlambatan, atau bagasi kamu hilang. pokoknya rugi banget lah.

2. Membawa Lemari Pakaian ke Dalam Kabin

Bukan lemari dalam artian sesungguhnya loh. Tapi membawa tas dengan volume jumbo ke dalam kabin. Sudah gendong ransel gede di punggung, lalu tangan kanan bawa hand bag yang gemuk, tangan kirinya bawa kotakan roti yang di beli di terminal tadi. Sumpag gue benci banget kalo ketemu penumpang macam ini. Lalu tempat bagasi di atas cuma muat buat barangbawaany dia doank??? What the… Gue kasi tau yah, kamu cuma boleh membawa tas ke kabin dengan berat maksimum 7 kg dan dengan volume tertentu sesuai aturannya. Bayangin aja, jika kamu naik pesawat Boeing 738 dengan jumlah penumpang 150 orang dan semuanya membawa lemari ke dalam kabin. Berapa banyak berat bagasi yang tidak tercatat? Anggap aja satu orang cuma lebih masing-masing 1kg, berarti ada 150kg berat bagasi yang tidak tercatat. Belum ditambah berat perut buncit kalian. Bisa bayangkn gak kalin kalo lebih dari itu? Cepat atau lambat kejadian gagal take off nya Mandala di Medan bakal terulang. Jadi siapa yang rugi. Think smart?

3. Taxi Ilegal

Ini juga sering banget dijumpai di bandara. Terutam saat kedatangan. Sudah di anjurkan untuk menggunakan taxi dengan stiker resmi bandara. ini untuk ngejamin keamanan penumpang. Adapula yang pake taxi Avanza. Ini yang super bahaya. dengan wajah penuh nafsu seolah hampir orgasme mereka nyodorin kunci mobilnya ke penumpang sambil bilang “taksi pak taksi mbak taksi,, taksi..” Pokoknya gue gak nyaranin banget buat hal ini. Kecuali adegan fake taxi kamu mau jadi konsumsi khlayak.

4. Mematkan Handphone

Pernah ada om-om yang duduk di sebelah gue, gak tau dia girang apa gak. Tapi yang jelas dia masih asik aja mainin hape nya meski pesawat sudah tutup pintu. Gue perhatiin dia sudah sempat di tegur beberapa kali sama bidadari, ehhh maksudnya pramugari. tapi sepertinya gak ngaruh. Sampai waktu take off  hampir tiba, om-om itu disamperi lagi sama bidadari yang, ehh maksudnya pramugari lain yang belahan kebayanya lebih tinggi. Gue rasa dia yang paling senior. D tegur dengan penuh kasih sayang tuh si om-om bandel sama bidadari, ehh pramugari tadi. dan kamu tahu apa jawaban om-om tadi??? “mbak  saya ini pejabat, saya juga tahu aturan. Tapi mbak lihat gak yang saya pegang ini BUKAN hape. Tapi smartphone!!! Gue shock denger jawabanya dan pengen ketawa. Bidadari tad, ehhh maksudnya pramugari tadi langsung bengong. pandanganya kosong.

Gimanapun juga di aturan Negara Indonesia penggunaan hape atau smartphone atau gadget lain pun masih menjadi larangan. Apa susahnya sih taat, toh paling lama cuma tiga jam penerbangan. Itupun kalo rute dari Jakarta ke Timur Indonesia. Ayo donk kita taat aturan. kalo bukan kita sendiri siapa lagi. Kita gak bisa terus terusan mengaggap bahawa aturan itu ada hanya untuk di langgar.